Untuk Web Semantik memiliki dua kata:

Web: yang dimaksud web di sini adalah jaringan komputer yang luas yaitu WWW (World Wide Web)

Semantik: dapat diartikan sebagai ilmu tentang makna atau tentang arti, yaitu salah satu dari tiga tataran analisis bahasa ; fonologi, gramatika dan semantic.

Jadi Web semantik adalah kemampuan aplikasi komputer yang berfungsi untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa yang baku dari para penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks, seperti dalam bahasa percakapan sehingga memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan mesin. Web semantik dapat mengolah bahasa dan mengenali homonim, sinonim, atau atribut yang berbeda pada suatu database. Untuk Web Semantik sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee.

Waring Wera Wanua atau World Wide Web (disingkat sebagai WWW atau Web) adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya

Ferdinand de Saussure

Ferdinand de Saussure

Kata semantik dalam bahasa Indonesia (Inggris : semantics) berasal dari bahasa Yunani sema (kata benda” yang berarti “tanda” atau lambang). Kata kerjanya adalah semaino yang berarti “menandai” atau “melambangkan”. Yang dimaksud dengan tanda atau lambang disini adalah sebagai kesatuan kata benda (sema) itu sendiri yang dinamakan tanda linguistic (Perancis : signe linguistique) seperti dikemukakan oleh Ferdinand de Saussure(1996) yaitu:

0> Komponen yang mengartikan, yang berwujud bentuk-bentuk bunyi bahasa

0> Komponen yang diartikan atau makna dari komponen yang pertama itu.

Kedua komponen itu adalah merupakan tanda atau lambing, sedangkan yang ditandai atau dilambanginya adalah sesuatu yang berada di luar bahasa yang lazim disebut referen atau hal yang ditunjuk.

contoh pengertian semantik dalam video Pak. Ismail Fahmi:
A: “Saya mau ke SBY!”
apa yang terpikirkan oleh Anda?
apa A akan ke Istana Negara dan bertemu Pak. Presiden SBY?
tidak, yang dimaksudkan adalah A akan pergi ke Kota Surabaya…

nah pemaknaan arti itulah yang dimaksud dengan semantik dan semantik itu

Timothy Berners-Lee

Timothy Berners-Lee

akan diterapkan pada aplikasi komputer dan istilah web semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web.
Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan web semantik. Web semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.

Untuk membangun aplikasi Web Semantik ini, hal pertama yang harus dipahami adalah:

  • Pengertian ontology
  • XML|XMLS/RDF|RDFS/OWL , toolsnya bisa menggunakan Protégé, Altova SemanticWorks, dll

Setelah memahami kedua hal tersebut, kemudian dibuat ontologynya.  Tools yang dapat  digunakan untuk mengelola ontology , diantaranya (ini seperti server) :

  •  JENA
  •  Sesame (openrdf.org)
  • Virtuoso, dll

Sedangkan bahasa untuk query ontology adalah :

  • SPARQL

untuk toolsnya bisa di lihat di :

untuk pengenalan XML, RDF, OWL dan Protégé bisa di sownload di: sini
Setelah memahami dan mampu mempraktekkan beberapa hal diatas, saatnya membuat peng-koding-an. Program yang digunakan diantaranya PHP atau Java untuk membuat aplikasinya, tentunya berbasis web.

segitu saja yang baru bisa saya jelaskan, kapan-kapan akan saya update lagi..

dan yang mau share pengalamannya, boleh share di sini ko..🙂


Sumber:

Enhanced by Zemanta